Masjid Agung Al Azhar-Sabtu,11 Juni 2016. Lembaga Tahfizh Al Azhar (LTA) yang berdiri sejak tahun 2012 untuk mewadahi para hafiz Qur’an dari Jamaah Masjid Agung Al Azhar. Pada hari Sabtu 11 Juni 2016 LTA mengadakan wisuda yang ke-3 di ruang utama Masjid Agung Al Azhar Kebayoran Baru.

Wisuda kali ini diikuti oleh 33 peserta tahfizh qur’an terdiri dari 22 laki-laki dan 11 perempuan. Acara tersebut dihadiri oleh H. Shobahussurur (Takmir Masjid Agung Al Azhar), H. Zainul Arifin, SH (Kepala Direktorat Dakwah dan Sosial YPI Al Azhar), dan H. Achmad Khotib, S.Q (Ketua LTA).

Read more: Wisuda Lembaga Tahfizh Al Azhar TH. 2016

1. Pengertian Zakat

Secara bahasa, zakat berarti membersihkan. Dalam istilah agama islam, zakat berarti mengeluarkan sebagian harta milik tertentu untuk orang-orang tertentu yang berhak menerimanya dengan syarat-syarat tertentu pula.

Zakat juga berarti mengembangkan pertumbuhan ekonomi. Zakat adalah rukun ke tiga yang wajib dilaksanakan setiap muslim yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan syariat islam.

Read more: Zakat

1. Pengertian

Shalat tarawih merupakan shalat sunnat yang sangat dianjurkan (sunnat muakkadah) pada setiap malam bulan Ramadhan, yang waktunya dikerjakan setelah shalat Isya sampai menjelang terbit fajar (shubuh).

Dari Abu Hurairah RA. Adalah Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa mendirikan sholat pada malam bulan Ramadhan, karena penuh keimanan dan keikhlasan, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. muttafaqun Alaih)

Read more: Shalat Tarawih

I. Pengertian I’tikaf

I’tikaf menurut arti bahasa yaitu berada / berdiam disuatu tempat, dengan maksud tekun membuat keterikatan diri dengan sesuatu yang berupa kebaikan atau keburukan.

Surat Al Anbiya 21:52 :

إِذْ قَالَ ِلأَبِيهِ وَقَوْمِهِ مَا هَذِهِ التَّمَاثِيلُ الَّتِي أَنْتُمْ لَهَا عَاكِفُونَ

Artinya :

(Ingatlah), ketika Ibrahim berkata kepada bapaknya dan kaumnya: "Patung-patung Apakah ini yang kamu tekun beribadat kepadanya?"

Read more: I'tikaf

1. Pengertian

Puasa berasal dari bahasa Sansekerta ‘’UPAWASA’’ yang berarti ‘’menahan atau mencegah’’ yang dalam bahasa arab disebut “Al Shaum” yang secara bahasa mengandung makna “mencegah atau menahan diri”, secara syari’ah Al Shaum berarti menahan hawa nafsu dari segala keinginan yang dapat membatalkan puasa itu sendiri seperti makan, minum dan berhubungan badan (jima’) antara suami-istri pada siang hari mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Seperti disebutkan dalam Al Qur’an sebagai berikut :

Read more: Puasa Ramadhan

  •  Start 
  •  Prev 
  •  1  2 
  •  Next 
  •  End 

Page 1 of 2