Syukur alhamdulillah bulan Ramadhan 1437 H sudah di depan mata. Mudah-mudahan bulan suci nan penuh berkah, bulan yang didalamnya kita dapat menempa diri menjadi insan yang hidup bersih. Seperti pada tahun-tahun yang lampau, pada tahun ini kami menyiapkan Informasi kegiatan Ramadhan dengan harapan segenap jamaah Masjid Agung Al Azhar dapat mempuasakan, menegakkan dan menghidupkan Ramadhan atas landasan iman dan ihtisab, sesuai tuntunan Rasulullah guna meraih ampunan Ilahi.

Berbagai kegiatan telah kami rancang dan persiapkan baik di bidang ibadah mahdhah, maupun ibadah sosial lainnya dengan memberikan ruang yang lebih luas dan beragam, termasuk kegiatan yang bersifat pendalaman dan pencerahan pemahaman keagamaan yang benar.

 

Untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut kami telah membentuk panitia pelaksana yang terdiri dari semua unsur yang ada di lingkungan Masjid Agung Al Azhar. Dan untuk meraih hasil maksimal, panitia juga melakukan kerjasama dengan berbagai kalangan seperti Penetapan Awal Ramadhan dan 1 Syawal 1437 H/2016 M.

Di dalam website ini kami sajikan uraian singkat tentang puasa Ramadhan, shalat tarawih, i’tikaf dan zakat serta jadwal kegiatan selama Ramadhan dan idul fitri. Dengan harapan puasa kita tahun ini lebih sempurna, kami menyerukan kepada segenap jamaah Masjid Agung Al Azhar khususnya, kaum Muslimin pada umumnya bersungguh-sungguh menjauhi hal-hal yang dapat merusak puasa dengan memperhatikan petunjuk Rasulullah antara lain:

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّوْرِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ للهِ حَاجَةٌ فِيْ اَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ (رواه البخارى وابوداود)

“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan beramal dengan dasar kebohongan, maka Allah tidak memiliki kepentingan terhadap amal puasanya, meskipun ia meninggalkan makan dan minum” (HR. Bukhari dan Abu Daud).

Akhirnya marilah kita jalani puasa ramadhan dengan meningkatkan iman dan taqwa, memperbanyak membaca dan memahami Al Qur’an serta memperbanyak amal shalih, semoga semua amal ibadah yang kita kerjakan diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Amin ya Rabbal Alamin